Site icon Coriate

Berkenalan dengan Bahaya Black Hat SEO untuk Website Anda

Sebagian orang masih mengira bahwa teknik SEO intinya adalah memenuhi suatu laman situs dengan kata kunci. Padahal tidak demikian tekniknya, karena hal ini justru merupakan salah satu tindakan memanipulasi algoritma mesin pencari atau yang juga dikenal dengan istilah Black Hat SEO.

Dampak Penggunaan Teknik Black Hat SEO Pada Situs Anda

Setiap mesin pencari, baik Google maupun Bing memiliki panduan dan peraturan yang sangat jelas tentang hal ini. Bahkan terdapat konsekuensi yang jelas jika Anda ketahuan menggunakan teknik yang dianggap tidak baik oleh para praktisi industri SEO. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mengurangi Peringkat Pencarian Situs Anda

Anda mungkin berpikiran untuk menggunakan teknik ini demi meningkatkan peringkat situs. Namun, pada akhirnya taktik ini justru akan membuat situs kehilangan peringkat, visibilitas, dan juga traffic. Penurunan ini bisa terjadi baik akibat tindakan manual dari mesin pencari atau penyaringan algoritma.

  1. Peringkat Tinggi yang Tidak Akan Bertahan Lama

Ada kalanya peringkat dan performa organik akan meningkat tinggi ketika Anda menggunakan teknik manipulatif ini, tetapi jarang bisa bertahan lama. Mesin pencari mungkin memang akan butuh waktu untuk menemukan situs yang menggunakan teknik ini. Namun, ketika mesin pencari melakukan pembaruan algoritma, maka besar kemungkinan situs tersebut akan tertangkap basah dan dikenai penalti.

  1. Menghasilkan Pengalaman Pengguna yang Buruk

SEO tidak hanya menyematkan banyak kata kunci pada suatu laman, tetapi juga harus memberikan pengalaman pengguna yang baik. Teknik manipulasi SEO sering kali tidak mempertimbangkan pengalaman pengguna dan hanya mementingkan algoritma mesin pencari. Akibatnya, hal ini justru membuat situs tidak akan dipercaya oleh para pengguna sehingga kemungkinan pengunjung masuk ke situs Anda justru makin kecil.

Praktik Black Hat SEO yang Harus Dihindari

Beberapa orang yang masih baru di industri SEO akan mengalami kesulitan mengetahui mana teknik yang sebaiknya dihindari. Beberapa dasar SEO tertentu memang sudah jelas termasuk teknik white hat. Namun agar Anda tidak terjebak melakukan praktik yang salah, berikut beberapa teknik non white hat yang harus Anda hindari.

  1. Menjejalkan terlalu banyak kata kunci

Menulis kata kunci secara berulang-ulang dan berlebihan tidak akan membantu meningkatkan peringkat Anda dan justru sebaliknya yang akan terjadi. Menjejalkan kata kunci tidak hanya membuat situs Anda tidak enak dilihat, tetapi juga tidak akan terasa nyaman saat dibaca.

  1. Konten ganda atau konten otomatis

Salah satu teknik curang yang sering digunakan adalah membuat konten otomatis untuk menjejalkan banyak kata kunci sehingga sering kali konten tersebut sebenarnya tidak berguna, tidak unik, atau bahkan tidak masuk akal saat dibaca. Konten yang sama dengan hanya mengubah nama atau tempat juga termasuk dalam praktiknya.

  1. Menggunakan teks tersembunyi

Teks tersembunyi ini biasanya digunakan untuk menyembunyikan kata kunci. Biasanya, teks ini dengan sengaja menggunakan ukuran font nol, atau diletakkan di balik gambar agar tidak terlihat pengguna. Mesin pencari kini sudah semakin canggih dan akan dengan cepat mengetahui bahwa situs Anda mencoba menjejalkan kata kunci demi peringkat teratas.

  1. Laman Doorway/Gateway

Yang dimaksud dengan laman doorway atau gateway adalah suatu laman yang dibuat khusus untuk menyasar suatu kata kunci. Laman ini khusus dibuat hanya sebagai corong untuk halaman lainnya.

Penggunaan laman yang seperti ini menyalahi peraturan yang dibuat oleh Google. Setiap konten dan laman yang ada pada situs Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Jadi, membuat halaman khusus yang tidak berkaitan dengan situs Anda dan hanya untuk memancing kata kunci jelas menyalahi aturan ini. 

  1. Cloaking

Cloaking adalah taktik memberikan konten atau URL yang berbeda dari yang sebenarnya dicari kepada pengguna. Cara ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan peringkat suatu laman dengan menggunakan konten yang dibuat untuk mesin pencari sekaligus mengarahkan pengguna ke laman yang berbeda dari yang seharusnya. 

Taktik ini sama halnya dengan menipu para pengguna sehingga besar kemungkinan situs Anda lama-kelamaan justru tidak akan dikunjungi lagi. Cara terbaik menarik pengguna bukanlah dengan menipu mereka, melainkan dengan membuat tulisan dan memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna. Hal inilah yang justru akan disukai oleh mesin pencari sehingga memudahkan situs Anda mencapai peringkat tinggi.

  1. Tautan berbayar atau manipulatif

Taktik curang lainnya adalah skema tautan yang bersifat berbayar maupun manipulatif. Pada intinya, tautan yang disertakan pada suatu laman harus jelas dan layak untuk disertakan. Artinya, Anda harus menghindari berbagai tautan yang bersifat seperti berikut:

  1. Penyalahgunaan data terstruktur

Data terstruktur dapat membantu meningkatkan traffic dengan menentukan tindakan atau hubungan suatu kata kunci dalam konten online. Namun pada taktik curang ini, biasanya yang dilakukan adalah memanfaatkan data tersebut untuk memberikan informasi yang tidak benar.

Contohnya adalah para pemasar yang membuat ulasan palsu atau memberikan peringkat 5 yang sebenarnya tidak layak diberikan pada suatu situs untuk meningkatkan posisi SERP dan CTR mereka. Taktik ini jelas termasuk penipuan dan sebaiknya Anda hindari.

  1. Membuat redirect yang menyesatkan

Redirect merupakan bagian umum dari teknik SEO yang biasanya dilakukan ketika Anda membuat pembaruan tautan URL, atau untuk keperluan migrasi situs. Pada praktiknya, hal ini sah-sah saja, tetapi ada juga praktik redirect yang terbilang licik dan tidak seharusnya dilakukan.

Praktik redirect seperti ini biasanya dilakukan untuk menipu mesin pencari dan menampilkan konten yang berbeda dari yang dilihat penggunanya. Biasanya, mesin pencari akan mengindeks halaman asli yang diberikan oleh tautan tersebut, tetapi pengguna akan dibawa ke tautan yang berbeda dari yang dicari. Trik seperti ini sudah dengan jelas dimasukkan sebagai pelanggaran peraturan Google.

  1. Negative SEO

Berbeda dengan 8 taktik sebelumnya yang menyasar situs milik sendiri demi meningkatkan peringkat, taktik ini dilakukan dengan menyasar situs milik kompetitor. Biasanya hal ini dilakukan dengan memuat banyak tautan yang tidak wajar ke domain orang lain dengan harapan Google akan memberikan penalti kepada domain tersebut karena dianggap melanggar peraturan.

Google kini sudah semakin baik memilah dan mengabaikan tautan semacam ini. Jadi sering kali taktik semacam ini tidak akan berhasil. Meski demikian, ada baiknya jika Anda menganalisis profil tautan situs Anda untuk memastikan tidak ada pihak yang berusaha menyerang situs Anda. Black Hat SEO merupakan teknik yang sangat berisiko untuk meningkatkan peringkat situs Anda. Para praktisi industri SEO sepakat bahwa cara ini tidaklah baik dan dapat membuat Anda terkena penalti. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya menggunakan teknik white hat SEO agar situs Anda tetap berkualitas dan memiliki peringkat yang tinggi dalam mesin pencari.

Exit mobile version