Site icon Coriate

Mau Temukan Keyword Terbaik? Gunakan 7 Tools SEO Gratis Ini

Menyambut kemajuan tekonologi yang makin pesat, banyak penyedia produk dan jasa memanfaatkan pemasaran di ranah digital. Meski terlihat sederhana, membuat pemasaran digital berhasil bukanlah hal yang gampang. Selain berkualitas, konten yang Anda buat pun harus memenuhi ketentuan SEO sehingga bisa menarik pembaca.

7 Tools SEO yang Bisa Diakses Gratis

Salah satu komponen SEO yang sangat krusial dan berperan penting adalah keyword. Bila keyword Anda berkualitas, konten akan dicari oleh calon konsumen. Agar website Anda optimal, berikut tujuh tools SEO gratis yang bisa Anda gunakan untuk mencari keyword berkualitas. 

  1. Google Search Console

Tools SEO pertama yang dapat Anda gunakan secara gratis, yakni Google Search Console. Sebenarnya, tools ini berfungsi untuk menjalankan fungsi analytic, seperti memonitor performa website, traffic, backlink, hingga memperbaiki masalah keyword. Tools ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui performa keyword yang Anda tempatkan dalam konten di website. Hasil analisisnya menjadi penting karena bisa digunakan untuk mengoptimalkan SEO.

Untuk memulai riset keyword, tambahkan halaman website Anda ke Google Search Console. Kemudian, klik menu ‘Performance’, yang terletak pada bagian sebelah kiri. Nantinya, grafik performa website Anda akan muncul. Grafik tersebut memuat jumlah klik, CTR, serta posisi ranking di Search Engine. Saran keyword bisa Anda jumpai ketika mengeklik tab ‘Queries’. 

  1. Google Analytics

Google Analytics merupakan tools SEO yang memiliki fitur cukup lengkap. Dalam tools ini, tersedia banyak data-data penting yang dapat digunakan untuk melakukan riset lebih lanjut. Data SEO yang disediakan oleh Google Analytics sangat beragam, termasuk catatan interaksi pengunjung ke website Anda. Bahkan, datanya sangat detail dan telah dilengkapi grafik yang bersisi data jenis kelamin, lokasi, keyword yang banyak dicari, hingga topik pencarian teratas.

Google Analytics bisa menunjukan berapa banyak pengunjung ke website, bahkan secara real time. Tools ini merupakan tools paling standar yang kerap digunakan oleh internet marketer. Tampilannya enak dilihat sehingga membuat para pengguna kian nyaman. 

  1. Keywordtool.io

Bila Anda ingin mendapatkan long tail keyword untuk optimasi SEO, Keywordtool.io merupakan pilihan tools yang tepat. Long tail keyword memiliki peran penting dalam menaikkan trafik SEO. Jenis keyword ini memang memiliki saingan yang lebih sedikit sehingga membuat konten Anda berpeluang mendapatkan ranking bagus di search engine

Kelebihan lainnya, tools ini tak hanya menyediakan pencarian keyword untuk platform Google saja. Anda bahkan bisa melakukan riset keyword pada tujuh platform lainnya, yakni Amazon, Blog, eBay, Instagram, PlayStore, Twitter, dan YouTube. Tak hanya itu, tools gratis ini juga memungkinkan penggunanya memilih bahasa sesuai tempat ia berdomisili. Namun sayang, tidak semua data dapat Anda lihat secara gratis. Beberapa fitur baru dapat digunakan bila Anda berlangganan Keyword Tool Pro

  1. Moz Tools

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia SEO, Moz Tools merupakan salah satu favorit. Tools dari Moz ini mampu menggabungkan data dari berbagai sumber untuk memberikan saran keyword berkualitas tinggi. Bahkan, Moz kerap memberikan saran keyword unik sehingga bisa Anda gunakan bersaing dengan para kompetitor. Pilihan keyword yang diberikan juga sangat bervariasi dan bisa Anda sesuaikan dengan konten yang akan dibuat. 

Bahkan, Moz menyediakan fitur Mozbar yang dapat Anda gunakan dalam memperbaiki website. Fitur ini mengukur tingkat Page Authority (PA) serta Domain Authority (DA) website Anda. Hasil pengukurannya bisa langsung Anda implementasikan dan akan langsung terlihat perbedaan dengan kondisi website sebelumnya. Tingkat PA/DA masih diyakini memiliki pengaruh besar terhadap ranking sebuah website. 

  1. Ubersuggest

Ubersuggest adalah salah satu tools SEO gratis yang tak boleh Anda abaikan. Meski tak berbayar, tools ini menyediakan fitur yang lengkap. Di sini, Anda dapat hasil performa domain, rekomendasi keywords, laporan SEO, data backlink, serta ide konten terbaru. 

Terdapat tiga fitur unggulan yang dapat Anda manfaatkan, yakni content ideas, keywords, dan keyword ideas. Membahas lebih jauh tentang fitur keywords, dari hasil analisis Ubersuggest, Anda dapat mengetahui apa saja keywords yang digunakan oleh kompetitor, ranking di search engine, serta estimasi kunjungan. Meski telah dilengkapi oleh fitur-fitur canggih, user interface Ubersuggest sangat ramah. Tak perlu waktu lama untuk memahami cara kerja platform ini. 

  1. Screaming Frog SEO Spider

Screaming Frog merupakan salah satu tools SEO yang menjadi favorit para digital marketer. Pasalnya, tools ini menawarkan interface dengan fungsi-fungsi yang mudah dipahami. Screaming Frog juga mampu menganalisis seluruh aspek SEO dari URL sebuah website.

Bila menggunakan tools ini, Anda bisa mengecek perkembangan website, efektivitas website, sampai peluang website dapat naik peringkat dengan menggunakan SEO. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengindetifikasi masalah yang berada pada konten termasuk link dan keyword. Tools ini dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi link yang rusak, duplikat konten, hingga membangun site maps

  1. Mobile-Friendly Test

Tools gratis terakhir yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan keyword adalah mobile-friendly test. Fungsi utama dari tools keluaran Google ini adalah membantu Anda melihat website yang dimiliki sudah masuk kategori mobile-friendly atau belum. 

Tools ini juga memberikan saran untuk optimalisasi website Anda agar mudah dan nyaman diakses oleh pengguna mobile. Selain itu, ada rujukan soal keyword yang harus digunakan ketika ingin menampilkan website versi mobile. Sebagai informasi, terdapat perbedaan antara keyword yang digunakan dalam konten versi mobile dan desktop. Perbedaannya tak banyak, tetapi sangat penting. 

Pentingnya Riset Keyword

Riset keyword perlu dilakukan karena akan memberikan pengaruh pada posisi website Anda di search engine seperti Google. Bila website Anda berada pada posisi laman search engine, konten Anda akan dibaca banyak orang. 

Dari keyword, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai apa saja yang sedang diminati oleh para calon konsumen. Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki produk atau jasa yang Anda jual. Selain itu, riset keyword bisa membantu Anda selaku pebisnis untuk mengidentifikasi siapa saja yang menjadi kompetitor. 

Sebelum melakukan riset keyword, sebaiknya tentukan dulu apa tujuan yang ingin Anda capai dari keyword tersebut.  Misalnya, mengenai kesadaran membeli produk, ulasan film, atau tentang masakan. Dengan memiliki tujuan, Anda akan dengan mudah mencari keyword yang sesuai. 

Mana Tools Gratis yang Terbaik?

Tujuh SEO tools gratis yang telah disebutkan di atas memiliki fungsi yang relatif sama, yakni memberikan saran soal keyword terbaik. Beberapa tools bahkan telah dilengkapi fitur yang bisa mengoptimalkan website Anda. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Karena itu, pilih tools yang sesuai dengan kebutuhan website serta tujuan yang hendak dicapai oleh bisnis Anda.

Exit mobile version