Site icon Coriate

SEO vs PPC: Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Bagi seorang pelaku bisnis online, memperlihatkan produk kepada lebih banyak orang merupakan hal yang amat penting. Namun, tidak mudah untuk melakukan ini tanpa strategi yang tepat. Khususnya jika menggunakan website, apakah perlu mengalokasikan dana untuk iklan pay per click (PPC) atau justru search engine optimization (SEO)?

Untuk menentukan jawaban atas pertanyaan ini, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, yaitu tujuan dan target bisnis, anggaran dan sumber daya yang dimiliki, industri, dan performa saat ini. Nah, sebelum memutuskan strategi yang paling cocok, sebaiknya kenali terlebih dahulu SEO vs PPC serta pro dan kontranya. 

Mengenal Apa Itu SEO

SEO adalah tentang pemeringkatan hasil pencarian organik terhadap suatu website pada search engine results page (SERP). Cara mengetahuinya yaitu dengan melakukan pencarian di halaman Google dengan keyword tertentu. Kemudian akan muncul 10 tautan menuju website yang masuk dalam daftar pencarian organik teratas.

Agar SEO dapat mendorong website menuju peringkat teratas di SERP, ada beberapa hal yang harus dioptimalkan, yaitu memastikan mesin pencari dapat merayapi website, memahami konten di dalamnya, melakukan indeks, dan memiliki otoritas yang signifikan. Ini tidak mudah karena SEO adalah sesuatu yang kompleks. Selain itu, algoritma Google terus diperbaharui sehingga perlu cermat dalam menyusun strategi.

Kelebihan SEO

Sebelum menginvestasikan anggaran pemasaran Anda, ketahui apa saja kelebihan utama yang dimiliki oleh SEO berikut ini.

SEO organik merupakan cara yang paling efisien dan hemat biaya untuk meningkatkan visibilitas website. Anda bisa menempatkan website langsung di hadapan pelanggan atau target klien saat mereka melakukan pencarian di Google terhadap bisnis yang seperti Anda miliki.

Pengunjung akan melakukan klik dengan gratis. Anda tidak perlu membayar tiap klik yang didapatkan seperti pada kampanye PPC. Anda memang harus menginvestasikan anggaran dan waktu untuk melakukan SEO, tetapi dampaknya akan jangka panjang dan gratis.

Setelah website berada pada peringkat yang tinggi, Anda akan mendapatkan hasil yang kontinyu. Website akan terus ditampilkan kepada calon pelanggan dalam waktu 24/7. Ini berbeda dengan iklan PPC yang akan berhenti tampil ketika anggaran pemasaran telah habis.

SEO organik biasanya lebih stabil. Artinya peringkat website terbilang konsisten apabila website diurus dengan cara yang benar. Sementara itu, iklan PPC akan mengalami fluktuasi yang lebih banyak. Ini tergantung pada strategi penawaran dari pesaing bisnis. 

Ketika menjalankan iklan, sebagian besar pemilik website akan menggunakan anggaran untuk kata kunci tengah atau bawah dengan tujuan mendorong konversi secepat mungkin. Ini biasa terjadi jika anggaran pemasaran bersifat terbatas. Namun, jika menggunakan SEO, Anda dapat membuat konten yang menyasar tiap funnel yang berbeda tanpa harus membayar untuk mendapatkan klik.

Pada beberapa kasus, SEO lebih hemat biaya daripada PPC yang dilakukan pada jangka panjang. Namun, jumlah klik yang didapatkan biasanya jauh lebih besar daripada hasil PPC dengan bujet yang sama. Jadi, Anda bisa mendapatkan klik tanpa harus khawatir pada anggaran pemasaran.

Kekurangan SEO

Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, SEO juga memiliki kekurangan yang wajib diperhatikan oleh penggunanya. Apa saja kekurangan SEO?

SEO membutuhkan waktu agar dampaknya terhadap website bisa dilihat dan dinikmati. Hal ini terutama terjadi pada bisnis atau domain website baru. Butuh waktu sekitar berbulan-bulan agar website bisa muncul di peringkat teratas SERP, khususnya untuk kata kunci yang kompetitif. Sebaliknya, Anda bisa langsung melihat hasilnya jika menggunakan PPC.

Menggunakan SEO untuk mendongkrak website bukan proses yang mudah. Anda harus mengurus hal-hal teknis, membuat konten, memasang tautan, melakukan analisis data, dan sebagainya. Agar lebih efektif, Anda memerlukan tim yang berpengalaman dalam bidang ini. Anda bisa menyewa agensi khusus untuk ini atau membangun tim internal sendiri.

SEO merupakan hal yang harus dikerjakan secara terus-menerus. Jika website tidak lagi terurus, dampaknya akan terasa pada peringkat yang telah dicapai. Jadi, Anda harus mempersiapkan bujet yang tetap tiap bulan untuk menerapkan sistem SEO pada website.

Google selalu melakukan perubahan pada algoritmenya. Pemilik website harus selalu jeli mengetahui pembaharuan ini sehingga dapat melakukan sesuatu untuk menyikapinya agar lebih maju daripada pesaing.

Terakhir, tidak ada jaminan bahwa strategi SEO yang dilakukan akan dapat mengungguli pesaing. Semua itu harus dicoba untuk mengetahui hasilnya. Namun, jika hasilnya baik, Anda akan mendapatkan kemenangan besar. 

Mengenal Apa Itu PPC

Untuk menentukan mana yang lebih baik antara SEO vs PPC, Anda juga perlu mengenal apa itu PPC dan kelebihan serta kekurangannya jika diterapkan dalam bisnis online. PPC adalah iklan berbayar yang ada di mesin pencari, contohnya Google Ads.

Ada dua jenis format iklan yang akan muncul di SERP, yaitu iklan penelusuran dan iklan belanja. Siapa pun yang melakukan klik terhadap iklan ini, Anda harus membayarnya. Tujuannya adalah agar makin banyak orang yang berkunjung ke website yang diiklankan. 

Kelebihan PPC

Apa saja kelebihan PPC yang perlu Anda ketahui? Pahami hal ini agar dapat melakukan strategi PPC dengan lebih optimal.

PPC memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang instan, bahkan langsung saat kampanye PPC baru saja dimulai. Anda akan mendapatkan lalu lintas ke website, klik, dan konversi. Kondisi ini sangat jauh berbeda dengan SEO.

Iklan PPC selalu berada pada bagian atas halaman SERP. Artinya, iklan inilah yang pertama kali akan dilihat oleh pengguna mesin pencari. Ini adalah keuntungan yang belum tentu bisa didapatkan dari SEO.

PPC juga memungkinkan Anda untuk menambahkan informasi terkait bisnis di mesin pencari, misalnya nomor telepon dan tautan situs. Dengan demikian, ada lebih banyak peluang untuk menarik perhatian klien.

Untuk mengelola kampanye PPC, Anda hanya membutuhkan orang yang sudah berpengalaman di bidang ini. Selain itu, dibutuhkan copywriter untuk menulis iklan. Artinya, tim yang harus dibentuk tidak sebanyak ketika menjalankan strategi SEO. Anda pun lebih hemat biaya untuk gaji pegawai.

Kekurangan PPC

Sebaliknya, ketahui juga beberapa kekurangan PPC yang wajib Anda pertimbangkan. Berikut di antaranya.

Tidak seperti SEO, iklan PPC tidak gratis. Anda harus membayar untuk setiap klik yang didapatkan, meskipun nilainya tidak terlalu besar.

Rasio konversi harus menjadi hal yang diperhatikan saat menjalankan iklan PPC. Pasalnya, akan sayang sekali jika Anda mengeluarkan uang untuk iklan, tetapi tidak ada keuntungan yang bisa didapatkan.

Biaya klik biasanya akan meningkat jika pesaing Anda juga mulai beriklan. Jadi, akan dibutuhkan lebih banyak uang dan waktu demi mendapatkan konversi.

Setelah mematikan iklan, lalu lintas ke website biasanya juga akan terhenti. Nah, perlu dipertimbangkan apakah website akan terus bertahan dengan PPC saja? Hal ini membuat Anda akan sangat bergantung pada strategi PPC untuk mendongkrak visibilitas website.Nah, inilah seluk-beluk SEO vs PPC yang perlu Anda ketahui. Mana di antaranya yang menurut Anda lebih baik? Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing sebelum menentukan pilihan.

Exit mobile version